| | | | | | |
Selasa, 24 09 2019  
DariRiau.com / Pendidikan / Edwin Pratama Sampaikan Kuliah Umum di FIA Unilak

Edwin Pratama Sampaikan Kuliah Umum di FIA Unilak


Minggu, 08/09/2019 - 21:30:39 WIB

DARIRIAU.COM - Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru (PAMABA) Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Lancang Kuning (Unilak) dilaksanakan selama tiga hari mulai 6-8 Septermber 2019. 

Kegiatan akhir pekan kemarin dipusatkan di Aula FIA Unilak dengan menghadirkan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Periode 2019-2024, Edwin Pratama Putra SH. 

Edwin dalam Kuliah Umumnya menyatakan, untuk mengisi pembangunan di Indonesia diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tinggi. Sebab, tanpa SDM yang tinggi akan banyak dana yang tidak termanfaatkan bahkan menjadi mubazir. 

“Sumbangan Provinsi Riau saja untuk negara ini mencapai Rp 250-280 triliun. Namun anggaran yang kembali hanya Rp20 triliun. Saya sendiri pernah membawa Rp30 milyar dana APBN untuk pembangunan di Kabupaten Kampar. Dana ini dipergunakan untuk membangun lebih dari 300 sekolah,” ujar Edwin.

Lebih lanjut dijelaskan, sumbangan Riau yang mencapai Rp 280 triliun tersebut berasal dari berbagai sektor seperti minyak dan gas, perkebunan, pertanian dan lainnya. Potensi ini imbuhnya harus dikelola dengan baik dengan menghadirkan SDM yang berkualitas. SDM yang rendah menjadikan serapan APBD Riau menjadi rendah, banyak Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) yang tidak terpakai. Solusinya, pemerintah daerah harus proaktif mengimpun dana dan mengelolanya. 

“Melalui pemikiran yang cerdas dan program yang bagus maka Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), bisa diserap. Apalagi masih ada daerah tertinggal di Provinsi Riau yang masih perlu perhatian,” katanya. 

Ketua Pelaksana Kegiatan, Akas Virmandi mengatakan mahasiswa Baru FIA Unilak mencapai 194 orang ini selain dibekali dengan informasi akademik seperti mata kuliah, Dosen Penasehat Akademik (PA) namun juga diberikan informasi tentang kelembagaan yang ada sertadiikutkan dalam Kuliah Umum. Kuliah Umum kali ini menghadirkan narasumber Edwin Pratama guna memotivasi mahasiswa agar bisa menjadi orang yang berhasil.   

“Kita merasa prihatin dengan kondisi saat ini, dimana terdapat mahasiswa yang teribat dalam pergaluan bebas, penggunaan obat-obat terlarang dan lainnya. Maka perlu kita cegah dengan melaksanakan Kuliah Umum dari narasumber yang masih mudan dan memiliki kemampuan dibidangnya,” ujar Akas. 

Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FIA Unilak), Habza Jusbil Aktro dalam kesempatan ini mengajak seluruh mahasiswa baru untuk berjanji membangun Indonesia, menjadi bagian dari perubahan. Karena sejarah telah membuktikan bahwa peran mahasiswa dalam kemerdekaan, revolusi dan reformasi sangat nyata. 

Di tempat yang sama Dekan FIA Unilak Drs Abdul Mirad MM saat membuka acara mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan studinya terkhusus mahasiswa. Sebab alumni-alumni yang dihasilkan telah tersebar dan memiliki peran penting dalam mengapalikasikan ilmu yang didapat. 

“Saudara semua tidak salah telah memilih Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning untuk melanjutkan studi disini. Sejak berdiri hingga saat ini telah ribuan orang yang masuk dan ribuan pula yang diluluskan. Semog semua yang hadir saat ini lulus semua nantinya,” harap Mirad. 

Hadir dalam PAMABA kali ini Wakil Dekan I Elly Nielwaty SSos MM, Wakil Dekan II Irawati SSos MSi, Wakil Dekan III Sudaryanto MSi, Sekretaris Program Studi Administrasi Negara Dra Nurpeni MSi dan Dosen, Aguswan SSos MSi serta Kepala Badan Hukum Dan Etika (BHE) Unilak Tatang Suprayoga SH MH. Kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat, hadiah hiburan dan photo bersama.



| | | | | | | |
Redaksi
Copyright © PT. INSPIRASI DARI RIAU, All Rights Reserved - (2012-2015)