| | | | | | |
Selasa, 14 08 2018  
DariRiau.com / Pendidikan / UIR Tuan Rumah Pertemuan Nasional Workshop Pengembangan Prodi IP

UIR Tuan Rumah Pertemuan Nasional Workshop Pengembangan Prodi IP


Selasa, 07/08/2018 - 10:20:50 WIB

DARIRIAU.com - Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (KAPSIPI) menunjuk Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Riau sebagai tuan rumah Pertemuan Nasional Workshop Pengembangan Program Studi dan Perumusan Kurikulum Nasional Magister Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia.

Pertemuan yang berlangsung 9-10 Agustus di Auditorium Pascasarjana itu diselenggarakan UIR bekerjasama dengan KAPSIPI.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Dr. H. Rahyunir Rauf, M.Si, dua orang Guru Besar Ilmu Pemerintahan akan menjadi nara sunber dalam pertemuan penting dan bersejarah itu. Keduanya adalah Prof. Dr. Drs. H. Utang Suwaryo, MA selaku Ketua Umum KAPSIPI dan Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS (Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Utang Suwaryo akan memberi pandangan seputar 'Pengembangan Ilmu Pemerintahan Melalui Penguatan Program Magister Ilmu Pemerintahan dan Program Doktor (Pascasarjana). Sementara Sadu Wasistiono berbicara tentang 'Perumusan Capaian Pembelajaran dan Kurikulum Nasional Magister Ilmu Pemerintahan'. Di luar kedua materi itu, Ketua Prodi Magister Ilmu Pemerintahan UIR, Dr. H. Rahyunir Rauf juga akan sharing 'Pengembangan Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan dan Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan.

''Kegiatan ini bertujuan memajukan dan mengembangkam Prodi Ilmu Pemerintahan agar berkontribusi pada bidang Ilmu Pemerintahan bagi pengembangan masyarakat, bangsa dan negara. KAPSIPI juga ingin berkontribusi pada penyelenggaraan pemerintahan dan kepemerintahan di Indonesia. Memberi legalisasi pada kurikulum untuk capaian pembelajaran Prodi Ilmu Pemerintahan,'" kata Rahyunir Rauf didampingi Sekretaris Panitia Pelaksana Dr. Ranggi Ade Febrian, S.IP., M.Si di Kampus UIR, Selasa pagi (7/8/2018).

Rahyunir menjelaskan, munculnya gagasan Pertemuan Nasional yang membahas pengembangan Prodi Magister Ilmu Pemerintahan dan perumusan kurikulum, bermula dari kegiatan KAPSIPI di Universitas Muhamadiyah Yogyakarta pada 20 April lalu. Di kegiatan yang dihadiri 81 peserta ini, mereka sepakat menindak-lanjuti workshop Yogyakarta dengan menggelar pertemuan lanjutan.

"UIR juga pernah dipercaya KAPSIPI menjadi tuan rumah International Conference on Democracy Accountability and Governance (ICODAG). Alhamdulillah acaranya berjalan sukses. Pertemuan Nasional akan datang merupakan kegiatan kedua bagi UIR dari KAPSIPI," tambah Rahyunir Rauf.

Dikatakan, direncanakan kegiatan ini tidak hanya diikuti Prodi Magister Ilmu Pemerintahan, akan tetapi juga mengundang seluruh Prodi IP S1 di Indonesia yang berminat membuka Program Magister Ilmu Pemerintahan di universitasnya masing-masing. ''Usai pertemuan panitia akan membawa peserta city tour ke Ulu Kasok Kabupaten Kampar. Menikmati indahnya pemandangan alam sekaligus menyegarkan fikiran di danau PLTA Koto Panjang,'' ujar Rahyunir Rauf.

Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L menyambut baik pertemuan nasional itu. Ia mengatakan, dipilihnya UIR sebagai tuan rumah, pertanda baik bagi Program Magister Ilmu Pemerintahan UIR. ''Harapan saya panitia yang sudah di SK kan dapat mempersiapkan acara ini semaksimal mungkin. Beri pelayanan memadai kepada tamu-tamu kita yang akan berkontribusi untuk pengembangan Prodi Ilmu Pemerintahan,'' kata Syafrinaldi.

Mengacu kepada pengalaman dalam melaksanakan ICODAG, Rektor optimis pertemuan nasional itu bakal sukses. Sukses dari penyelenggaran dan sukses pula dari sasaran yang ingin dihasilkan dari pertemuan tersebut.



| | | | | | | |
Redaksi
Copyright © PT. INSPIRASI DARI RIAU, All Rights Reserved - (2012-2015)