| | | | | | |
Minggu, 24 Juni 2018  
DariRiau.com / Politik / PNS Pekanbaru Ramai-ramai Sambut Firdaus Jadi Cagub Riau

PNS Pekanbaru Ramai-ramai Sambut Firdaus Jadi Cagub Riau


Senin, 08/01/2018 - 17:59:03 WIB

DARIRIAU.com - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus pulang dari Jakarta membawa SK dukungan sebagai bakal calon Gubernur Riau. Para jajaran PNS di lingkup Pemkot Pekanbaru menyambutnya.

Para PNS pun ramai-ramai meninggalkan ruang kerjanya. Masyarakat banyak menyambut Firdaus di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Sementara para PNS sudah menunggu kedatangan pucuk pimpinannya di rumah dinas. Para PNS menunggu di rumah dinas Walkot di Jl A Yani Pekanbaru.

PNS ini ramai-ramai meninggalkan pekerjaannya demi menyambut kegembiraan sang pimpinan yang sudah mendapatkan dukungan partai PPP dan Partai Demokrat untuk maju Pilgub Riau.

Para PNS Pemko Pekanbaru ini, tampil dengan baju seragam dinas warna coklat. Mereka tampak gembira kedatangan Firdaus yang mengantongi SK untuk bertarung menjadi Gubernur Riau.

Kabag Humas dan Protokol, Pemkot Pekanbaru, Abdimas, tidak membantah bila ada PNS ramai menunggu di rumah dinas.

"Kehadiran para ini sifatnya hanya spontanitas. Tidak ada anjuran dari mana pun. Semua ini hanya support semata tidak ada keterlibatan politik praktis," kata Abdimas.

Masih menurut Abdimas, kehadiran masyarakat di Bandara SSK II itu juga bentuk spontanitas. Namun tidak ada PNS Pemko yang menyambut di bandara.

Kehadiran PNS di rumah dinas walikota Pekanbaru, lanjut Dimas tidak bisa dianggap sebagai dukungan politik praktis. Karena aturan PNS tidak boleh mendukung setelah Firdaus setelah melakukan pendaftaran dan penetapan dari KPU Riau.

"Kan ini tahapannya belum sampai ke KPU Riau. Jadi belum ada yang dilanggar para PNS," tutup Abdimas.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M Noer yang terlihat hadir bersama para ASN lainnya mengatakan jika kedatangan para ASN di Pemko Pekanbaru untuk memberikan ucapan selamat kepada pimpinannya yang akan maju di pilkada gubernur Riau.

"Ini syukuran kepada pimpinan kami sebagai Kepala Daerah. Apalagi ini bukan deklarasi. Jadi ASN punya hak politik dan pilihan untuk memberikan ucapan selamat kepada beliau," kata M Noer, Senin (8/1/2018).

Dikatakan M Noer, para ASN yang datang ke rumah dinas tidak ada kaitannya dengan politik praktis.

"Para ASN Pemko Pekanbaru yang datang ke sini untuk menggelar syukuran. Jadi perlu diluruskan, tidak ada kaitannya dengan politik praktis. Ini kan belum masuk lapangan. Ini baru syukuran," cakapnya.

Saat disinggung apakah para ASN yang ikut datang ke rumah dinas walikota Pekanbaru tidak mengganggu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, M Noer hanya menjawab diplomatis.

"Kita tetap memberikan pelayanan. Lagipun ini tidak seluruh ASN. Hanya pimpinan kepala OPD. Jadi tidak ada yang mengganggu pelayanan," tegasnya.

Dari pantauan di lapangan, hampir seluruh Kepala OPD datang ke rumah dinas baik lurah, camat, kepala bagian, kepala Kantor, Kepala Dinas.

Bawaslu: Tak Patut

Sementara itu, kegiatan tersebut mendapatkan kritikan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau. Pasalnya selain kegiatan politik tersebut dilakukan di aset pemerintah rumah dinas walikota serta dihadiri Aparatur Sipil Negara (ASN). Bawaslu menilai kegiatan ini ada unsur politik.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan menyampaikan bahwa pihaknya menyayangkan kegiatan syukuran tersebut dilakukan Firdaus di rumah dinasnya. Meski bukan termasuk pelanggaran pemilu, secara etika kegiatan ini tidak patut karena menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politik.

"Saat ini belum masuk tahapan kampanye. Pak Firdaus juga belum mendaftar ke KPU. Jadi secara aturan kepemiluan itu tidak menyalahi," sebut Rusidi pada Senin (8/1/2018). 

Rusidi juga menekankan bahwa para ASN juga harus netral dalam pemilu. Terlebih jika atasannya mencalonkan diri sebagai peserta pemilu. (sumber: detik.com/cakaplah.com)



| | | | | | | |
Redaksi
Copyright © PT. INSPIRASI DARI RIAU, All Rights Reserved - (2012-2015)