| | | | | | |
Sabtu, 26 Mei 2018  
DariRiau.com / Rokan Hilir / Pemkab Rohil Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Kecamatan

Pemkab Rohil Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Kecamatan


Rabu, 25/10/2017 - 01:13:06 WIB

DARIRIAU.com - Dalam memberikan layanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Bupati H Suyatno AMP, terus memberikan perubahan, terutama pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di kecamatan maupun kepenghuluan dengan membangun beberapa Puskesmas. Salah satunya pembangunan Puskesmas Kecamatan Sinaboi

Peletakan batu pertama tanda dibangunnya Puskesmas Sinaboi dilakukan langsung Bupati Rokan Hilir H Suyatno beberapa waktu lalu. Peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas tersebut, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017, sebesar Rp8,6 miliar untuk pembangunan fisik. Sedangkan sisanya, sekitar Rp4,6 miliar dilakukan untuk pengadaan barang perlengkapan puskesmas.

"Pembangunan puskesmas di Sinaboi ini kita usulkan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir ke Kementerian Kesehatan RI dan ini tak lepas dari perjuangan berbagai pihak eksekutif maupun legislatif dari daerah sampai pusat," kata Bupati Rohil melalui Humas/Protokol Pemkab Rohil Susilo.

Pada kesempatan itu, Bupati mengingatkan agar pekerjaan pembangunan dilaksanakan rekanan dengan tepat waktu dan sesuai perencanaan, sehingga, hasilnya baik dan dijamin teruji mutu kualitas bangunan tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Rohil H Suyatno juga menyerahkan kunci kendaraan operasional, sebanyak 6 unit dari Kementerian Kesehatan oleh kepada kepala Puskesmas Sinaboi dr Suherman.

"Fasilitas ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, makanya kalau memungkinkan pembangunan puskesmas ini digesa tanpa mengesampingkan kualitas bangunannya. Sementara kendaraan operasional yang diserahkan mohon dimanfaatkan sebaik baiknya untuk melayani masyarakat," pungkas Bupati H Suyatno.

Dalam acara itu, turut hadir Ketua DPRD H Nasrudin Hasan, Kadiskes Dahniar dan beberapa kepala OPD di lingkungan Pemkab Rokan Hilir, Riau.

Pelayanan Kesehatan Merupakan Cerminan Pemerintahan

Baik Buruknya suatu pemerintahan dibuktikan dari cerminan suatu pelayanan kesehatan yang diberikan pihak rumah sakit maupun puskesmas kepada masyarakat. Apabila pelayanan kesehatan berjalan dengan baik, maka pemerintah itu dinilai baik dalam menjalankan roda kepemerintahannya.

"Pelayanan kesehatan merupakan cerminan sebuah kepemrintahan, maka dari itu tenaga kesehatan dalam bertugas diminta untuk senantiasa meningkatkan pelayanannya agar roda kepemerintahan negeri seribu kubah ini bisa berjalan dengan baik," kata Pelaksana tugas (Plt) sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi belum lama ini, di Bagansiapiapi.

Agar roda kepemerintahan rohil ini ke depannya berjalan lebih baik lagi, maka ditekankan kepada seluruh tenaga medis baik itu dokter, perawat, bidan untuk benar-benar memberikan pelayanan secara prima kepada masyrakat yang membutuhkan pertolongan mendapatkan perobatan.

"Selain itu, Tenaga kesehatan juga diminta harus senantiasa ramah dan sopan yang dibarengi dengan senyum kepada pasien," pesan Surya Arfan.

Tidak hanya itu, Ia juga menginstruksikan kepada tenaga kesehatan agar tidak main-main dalam menjalankan tugasnya. "Jangan main-main dalam bertugas, jika hal ini sampai terjadi maka dengan berat hati tenaga kesehatan tersebut akan dipindah tugaskan kedaerah yang jauh dan terpencil," ancamnya.

Dilanjutkan, agar pelayanan tetap berjalan dengan baik, Surya juga meminta kepada direktur RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi untuk melakukan pembenahan terhadap rumah sakit.

"Apabila nanti tidak juga ada perubahan maka direkturnya terancam akan dilakukan penukaran dengan direktur yang baru dan lebih mampu melakukan perubahan," tegasnya.

"Yang kita inginkan bagaimana RSUD Dr RM Pratomo ini bisa melakukan perubahan paradigma dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyrakat. Sebab, selama ini kerap kali terdengar kata-kata sumbang serta aduan dari masyrakat terkait kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan," pungkasnya.



Segera Bangun Puskesmas Palika

Harapan masyarakat Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) untuk memiliki Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) rawat inap Panipahan akan segera terwujud. Pasalnya, anggaran pembangunan Puskesmas tersebut tahun ini sudah dialokasikan anggarannya sebesar Rp2,9 miliar.

"Sebelumnya sudah dianggarkan 2016, tapi karena defisit maka dipending. Alhamdulillah tahun ini juga dibangun satu lantai, lokasinya di kawasan Bundaran Kepenghuluan Panipahan Darat," kata Wakil Ketua DPRD Rohil, Abdul Kosim SE di Bagansiapiapi.

Abdul Kosim, yang akrab disapa Akos ini mengaku bahwa keberadaan Puskesmas rawat inap didaerah pesisir itu sangat penting dan sudah menjadi dambaan bagi masyarakat Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Ia berharap pemerintah daerah setempat untuk segera melakukan langkah-langkah supaya pembangunan Puskesmas itu cepat terwujud. "Sekarang sudah memasuki bulan Juli, kita khawatir pekerjaan fisiknya tidak sesuai dengan target waktunya. Makanya kami minta segera dimulai pembangunannya," katanya mengingatkan.

Mengenai posisi bangunan Puskesmas, menurutnya sangat strategis di kawasan Bundaran, karena sejalan dengan pembangunan jalan lintas dari Bundaran menuju perbatasan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara. "Proyek jalan rigid (beton) sepanjang 3 kilometer didaerah itu saat ini sudah mulai dikerjakan," sebut Akos.

Selama ini ia mengaku prihatin melihat pelayanan kesehatan masyarakat akibat sarana dan prasarana yang tersedia di Puskesmas yang ada saat ini belum memadai. "Jika harus dirujuk ke Bagansiapiapi tentu memerlukan biaya yang sangat tinggi, karena menggunakan speedboat dengan biaya yang begitu mahal. Jadi kalau sudah ada Puskesmas rawat inap masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang cepat dan baik," katanya menambahkan.(ADVERTORIAL/HUMAS)




| | | | | | | |
Redaksi
Copyright © PT. INSPIRASI DARI RIAU, All Rights Reserved - (2012-2015)